by

3 Tips Menggunakan Hand Mixer agar Efektif dan Efisien

Sebelum menggunakan hand mixer, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar mendapatkan hasil yang sesuai dan efisien.

Tips Menggunakan Hand Mixer agar Efektif dan Efisien

  • Awali dengan menyalakan mixer pada kecepatan rendah

Tips Pertama Anda harus menyalakan mixer pada kecepatan rendah. Kemudian tingkatkan kecepatan secara bertahap agar mendapatkan hasil adonan yang lebih sempurna. Selain itu menggunakan kecepatan rendah di awal dapat menghindari kecipratan adonan ke segala arah.

Hal tersebut di atas sangat penting untuk menghindari bahan berhamburan keluar atau masuk ke dalam mesin yang bisa mengakibatkan kerusakan. Menyalakan mixer langsut dengan kecepatan tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya percikan listrik. Selain itu juga dapat menurunkan penggunaan daya dari mixer itu sendiri.

  • Aturlah kecepatan sesuai dengan kebutuhan

Tips kedua Anda harus mengatur kecepatan putaran sesuai dengan hasil akhir tekstur adonan yang diinginkan. Karena berbeda resep kue maka berbeda pula hasil akhir tekstur adonan yang diperlukan. Pengaturan sederhana seperti ini penting agar menghasilkan kue memiliki tekstur yang sempurna.

Jika Anda ingin meningkatkan kecepatan putaran maka lakukanlah secara bertahap, naikkan mulai dri angka satu, dua dan seterusnya sambil memasukkan bahan bahan dengan cara bertahap pula.

Satu hal yang perlu diperhatikan, pastikan baling-baling masuk dan terendam di dalam bahan adonan sebelum menyalakan mixer agar tidak berhamburan keluar.

  • Pastikan wadah adonan pada posisi yang tetap

Tips terakhir, Anda harus memperhatikan agar waduh adonan tetap berada di posisi yang sama. Saat menggunakan hand mixer, satu tangan pegang hand mixer dan satu tangan yang lainnya memegang wadah yang berisi adonan.

Hal ini harus dilakukan karena jika wadah adonan bergerak kesana kemari saat pengadukan adonan, maka hasil pengadukan adonan bisa menjadi tidak sempurna.

Tips agar tidak bergerak kesana kemari adalah dengan meletakkan serbet atau kain di bawah wadah agar posisi wadah lebih stabil. Selain itu, lap atau kain dapat digunakan untuk mengurangi kemungkinan adonan kue terciprat serta untuk meredam suara yang berisik.

News Feed