by

Anak Susah Konsentrasi? Lakukan hal ini Dirumah

Banyak orang tua yang beranggapan bahwa anak yang susah fokus pada satu hal karena anak tersebut tidak suka belajar atau malas. Padahal hal tersebut terjadi karena anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi.

Menurut Dr. Laurie Mcnelles, ahli perkembangan anak dan remaja di York University, konsentrasi bergantung pada faktor usia, ekspektasi, dan lingkungan. Setiap orangtua juga perlu mengetahui tentang tahapan perkembangan konsentrasi anak [1].

Anak yang sulit berkonsetrasi dapat dilihat  tanda-tandanya, seperti sulit untuk duduk di satu tempat dan selalu ingin melakukan aktivitas lain. Kerap menghilangkan barang-barang miliknya dan sulit untuk teratur. Sangat sulit untuk mengingat sesuatu terutama pelajaran di sekolah [2].

Maka dari itu sangat penting untuk para orang tua mengetahui bagaimana cara untuk meningkatkan konsetrasi pada anak. Berikut caranya.

Kurangi gangguan

Ketika anak sedang mulai berkonsetrasi melakukan sesuatu, biarkan dia sendirian. Berikan ruang bagi anak dalam melakukan aktivitas tersebut. Ciptakan suasana yang hening tanpa suara agat anak tidak terpengaruh [3].

Batasi waktu bermain dengan gadget

Memang pada zaman seperti tidak dapat kita pungkiri bahwa gadget terkadang membantu juga dalam proses belajar anak. Akan tetapi lebih baik bila Anda dapat membatasi waktu saat dia bermain.

Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Applied Research mengungkapkan, ada dampak negatif penggunaan gawai pada anak, seperti ADHD, keterlambatan bicara, hingga depresi [1].

Beri tanggung jawab harian

Tugas atau pekerjaan yang memerlukan kemampuan untuk mengurutkan sesuatu juga bisa membantu anak berkonsentrasi. Kegiatan ini sangat mudah didapatkan seperti, merapikan koleksi bukunya sesuai urutan abjad [3].

Lakukan permainan yang butuh konsentrasi

Fasilitasi anak dengan berbagai mainan yang dapat melatih otak dan motoriknya. Seperti menyusun puzzle dan balok atau bisa dengan membaca buku [1].

Beri anak asupan nutrisi untuk otak

Selain melalui kegiatan, jangan lupa untuk memberikan makanan yang kaya akan manfaat bagi otak Anak. Ini dia daftar makanan yang ampuh dalam meningkatkan konsentrasi anak [4].

  • Sayur-sayuran

Sayuran hijau seperti bayam, mengandung vitamin E yang membantu memperbaiki kesehatan otak serta fungsi kognitif anak. Sedangkan sayuran berwarna seperti wortel, tomat dan ubi jalar merah kaya akan anti oksidan yang berfungsi untuk memperkuat sel-sel otak.

  • Kacang-kacangan

Mengandung serat dan zat besi, kacang-kacangan membantu tubuh untuk tetap kenyang dan dengan sendirinya pikiran akan fokus. Ini sangat bermanfaat bagi Anda yang mempunyai anak yang sudah bersekolah.

Pilihlah kacang hijau yang sangat berperan penting dalam mengahalau efek radikal bebas yang berbahaya bagi sel otak karena anti oksidan yang terkandung di dalamnya.

  • Buah-buahan

Anda dapat memberikan buah berry yang terkenal mengandung zat yang dapat mejaga otak dari kerusakan oksidatif yang mengakibatkan penurunan pada kemampuan motoric anak.

  • Ikan salmon

Ikan sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Untuk itu ikan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan.

Selain kegiatan dan makanan diatas, Anda juga tidak boleh melupakan anak untuk mengkonsumsi air mineral. Tetapi kendala yang sering terjadi adalah membuat anak agar mau minum cukup air. Oleh karena itu pilihlah AQUA yang menghadirkan AQUA kids untuk membantu Anda.

Selain berasal dari sumber air yang terlindungi, AQUA Kids dilengkapi dengan berbagai karakter menarik pada labelnya, sehingga bisa membuat minum air menjadi lebih menyenangkan untuk si kecil dan bisa lebihnya mudah berkonsentrasi. AQUA Kids hadir dalam dua varian yaitu 330 ml dan 450 ml, kemasan 450ml dilengkapi dengan tutup botol sport cap sehingga mudah dipegang, mudah dibuka dan tidak mudah tumpah [5].

Jadi, tunggu apa lagi segera sedia AQUA kids untuk kebutuhan mineral Anak setiap harinya.

Referensi:

  1. https://www.halodoc.com/artikel/bukan-bodoh-ibu-perlu-tahu-cara-tingkatkan-konsentrasi-anak
  2. https://parenting.dream.co.id/ibu-dan-anak/kenali-penyebab-anak-sulit-berkonsentrasi-190222p.html
  3. https://www.fimela.com/parenting/read/3693654/5-cara-membantu-meningkatkan-konsentrasi-pada-anak
  4. https://id.theasianparent.com/makanan-yang-meningkatkan-konsentrasi-belajar-anak
  5. https://www.sehataqua.co.id/rekomendasi-asupan-air-minum-agar-si-kecil-sehat/

News Feed