Pandemi corona telah terjadi di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Virus yang berukuran mikro ini sangat mudah menular diantara kerumunan manusia dan menyebabkan gejala yang beragam. Umumnya mereka yang positif covid19 akan menunjukkan gejala batuk, demam, diare dan sesak nafas. Sebagian kecil gejala ini semakin parah hingga menyebabkan pneumonia akut bahkan kematian. Sebagian besar bisa disembuhkan dengan sendirinya seiring dengan menguatnya sistem imun tubuh. Meski begitu tentu tak ada yang mau meninggal karena wabah ini sehingga semua orang sebaiknya tetap melakukan usaha yang terbaik untuk sama-sama memerangi penyebaran virus covid19.

Untuk memberikan perlindungan yang maksimal kepada Anda dari virus covid19, ada beberapa hal yang harus dijadikan kebiasaan dan dilakukan secara konsisten begitu juga ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan untuk menghindari penularan. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut ini listnya:

Hal yang harus dilakukan selama masa pandemi covid19:

  1. Tetap di dalam rumah.

Dengan tidak keluar rumah, Anda akan mengurangi resiko bertemu dengan orang lain yang bisa jadi membawa virus covid19.

  1. Membiasakan diri dan keluarga sering mencuci tangan.

Cuci tangan sesering mungkin terutama saat Anda baru saja memegang benda asing dari luar rumah.

  1. Jaga jarak.

Jaga jarak jika harus bertemu dengan orang lain. Jarak minimal yang disarankan adalah 1 meter.

  1. Konsumsi air putih 8 cukup.

Setiap harinya pastikan Anda terhidrasi dengan mengkonsumsi 8 gelas air.

  1. Tidur cukup.

Jam istirahat untuk orang dewasa setidaknya 8 jam per hari.

Sedangkan untuk hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan untuk mencegah penularan antara lain:

  • Jangan menyentuh orang lain.

Jika ada orang asing atau tamu, sebisa mungkin hindari kontak fisik.

  • Menyentuh area wajah.

Virus corona dapat masuk melalui mulut, hidung dan mata seseorang. Virus ini bisa disebarkan dari droplet penderita saat bersin, batuk, atau bicara. Selain terhirup langsung virus juga bisa menempel pada permukaan benda dan akhirnya menempel pada tangan dan masuk ke wajah.

  • Stress.

Stress akan menurunkan sistem imun tubuh dan hal ini dapat mempermudah virus untuk menyerang lebih parah.

Untuk mencegah penyebaran virus covid19, Anda juga harus menambah informasi mengenai apa itu covid19 termasuk gejala yang ditimbulkan sehingga dapat mengidentifikasi dengan tepat saat terdapat kondisi yang menyerupai gejala covid19. Karena banyaknya kekhawatiran yang berlebihan, seringkali seseorang merasa paranoid akan gejala batuk yang sering terjadi. Batuk sendiri merupakan gejala yang sangat umum akibat berbagai jenis penyakit sehingga Anda tak perlu khawatir berlebihan jika mengalami gejala batuk. Untuk memastikan gejala yang Anda alami bukanlah gejala covid19, Anda harus bertanya pada ahlinya. Tak perlu datang langsung ke rumah sakit rujukan karena akan membuat Anda harus keluar rumah dan menjadi tidak aman. Lakukan secara online dengan menghubungi dokter di Halodoc untuk melakukan konsultasi seputar kesehatan.

Bersama-sama dengan pemerintah dan tenaga kesehatan, kita akan melalui masa pandemi corona ini dan memenangkannya. Hal tersebut akan bisa dialami dengan lebih cepat dan meminimalisir jatuhnya korban jika Anda dan orang lainnya mematuhi anjuran tersebut dengan konsisten. Jangan lupa makan makanan bergizi lengkap dan seimbang untuk memperkuat sistem imun tubuh sehingga kuat melawan virus dan bibit penyakit yang masuk dan jika perlu Anda bisa mengkonsumsi suplemen yang berisi vitamin C, vitamin E dan zinc.