Kamu pasti akan lakukan apa saja untuk menenangkan bayi yang rewel, bukan? Terutama apabila orang tua sedang sibuk memasak, atau membantu si kakak mengerjakan PR, dan pekerjaan rumah lainnya, semua di waktu bersamaan. Ayunan bayi bisa menjadi jawabannya. Dan kamu juga bisa lihat ayunan besi untuk bayi terbaru 2020.

Alat seperti ayunan bayi bisa menjadi peranan yang sangat berharga apabila orang tua butuh tempat yang aman untuk anak atau bantuan untuk menenangkan bayi yang rewel, pada saat dikejar oleh pekerjaan rumah. Hal yang harus dilakukan cukup letakkan si kecil di ayunannya, dan biarkan benda ini menenangkan si kecil sambil Kamu menyelesaikan tugas. Akan tetapi ayunan bayi juga bukan pengasuh bayi dan tidak bisa digunakan di tiap situasi.

Tips menggunakan ayunan untuk menenangkan bayi

Berikut ini cara benar menggunakan ayunan bayi:

  • Gunakan ayunan untuk menenangkan bayi

Untuk bayi selama yang masuk bulan ke empat, ayunan bisa membuatnya menjadi tenang. Sebenarnya ada cara untuk menenangkan bayi yang rewel, yaitu dengan membedong, dengan posisi miring atau tengkurap, menghisap, mengayun, dan menyuarakan suara seperti “sshhh.” Dan dengan penggunaan ayunan bayi berarti agar bisa menciptakan kembali gerakan seperti saat di dalam kandungan, yang sangat membantu menenangkan bayi yang baru lahir.

  • Jangan biarkan bayi tidur di ayunan

Ayunan juga bisa menjadi tepat yang nyaman bagi bayi dan menjadi rileks, akan tetapi usahakan si bayi tidak tidur di ayunan. Karena ayunan bayi tidak digunakan sebagai tempat tidur si bayi. Tidur ketika di ayunan dan pada saat posisi diam tidak sama manfaatnya. Dan selama tidur pada tepat yang bergerak, akan menjadi sulit untuk otak bayi ke kondisi yang restoratif yang berarti si bayi mempunyai hutang tidur pada saat si bayi menggunakan ayunan.

Setelah si bayi menginjak usia dua bulan, tidak perlu menggunakan bantuan tidur yang tidak perlu dilakukan. Apabila bayi tertidur dengan sangat nyaman di ayunan, lalu angkat dan pindahkan ke tempat tidur saja. Apabila bayi bisa tidur di ayunan saja, maka coba gendong si bayi dan bergerak bersama si bayi dan tawarkan dot atau menggunakan cara latihan tidur untuk mengajarkan dengan menenangkan diri sendiri.

  • Jangan berlebihan menggunakan ayunan

Walaupun di sini metode dengan menggunakan ayunan adalah jadi cara tepat untuk menenangkan bayi, akan tetapi bukan berarti ini jadi cara satu-satunya. Kamu perlu batasi jumlah waktu yang bayi habiskan di ayunan, bouncer, atau car seat untuk mencegah kepala peyang.

Nah di sini, ayunan bisa menjadi penghambat gerak bayi dan membuat si bayi berada hanya pada satu posisi saja yang dapat merugikan perkembangan si bayi. Walaupun tidak ada batasan waktunya, tapi sebaiknya batasi penggunaan ayunan dalam beberapa jam saja dalam satu hari.

  • Periksa rekomendasi keamanan

Ayunan bayi Kamu kemungkinan mempunyai buku petunjuk penggunaan, tapi mengikuti beberapa panduan yang umum akan memastikan ayunan aman untuk si kecil. Sebelum kalian memilih model terbaru, hal yang diperhatikan adalah ketahui panduan keamanan ayunan bayi. Bayi yang berada di bawah usia empat bulan harus selalu menggunakan posisi paling berbaring, dan bila dudukan disesuaikan jadi sudut 50 derajat atau lebih, gunakan tali bahu untuk mengamankan bayi.

apabila ayunan bergerak, dudukan harus tetap datar untuk memastikan bayi agar tidak terjatuh. Dan periksa ayunan untuk memastikan tidak mudah terjatuh, dan bayi tidak bisa menarik mainan atau benda bergerak di ayunan yang bisa menimbulkan risiko tersedak. Juga ingat, Bunda, Kamu tidak bisa letakkan bayi di ayunan lalu meninggalkannya. Pastikan bayi tetap dalam pengawasan Kamu atau sering periksa apakah bayi tertidur.