by

Ciri Ginjal yang Tidak Sehat Tips dari SehatQ.com

Apakah kalian tahu bahwa ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling terpenting dalam tubuh kita. Bahwa ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring kotoran dan racun yang ada di dalam darah. Setelah itu, kotoran dan racun tersebut kemudian akan dibuang secara bersamaan dengan proses pengeluaran urin. Apabila ginjal kita mengalami suatu kerusakan, maka akan dipastikan juga pada proses pembuangan kotoran dan racun pun akan ikut bermasalah. Sebagaimana mestinya kotoran dan racun harus dibuang, karena akan terjadi penumpukan dalam tubuh jika tidak segera dibuang. Hal itu, tentunya akan dapat memicu munculnya gangguan kesehatan lainnya pada tubuh kita.

Bagi kalian yang memang memiliki sakit pada ginjal, sebaiknya tidak boleh diabaikan dengan begitu saja. jika tidak segera ditangani dan diobati dengan baik secara teratur, maka hal itu tentu saja akan berpengaruh buruk pada aktivitas yang akan kita lakukan sehari-hari. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengenali tanda-tanda atau ciri-ciri penyakit ginjal ini agar dapat mengidentifikasinya untuk dapat segera ditangani dengan serius. Berikut ini beberapa ciri-ciri sakit ginjal yang tentunya wajib kamu perhatikan dan ketahui.

Ciri-ciri sakit ginjal

Ginjal perlu kita pelihara, karena ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang paling terpenting. Berikut ulasan terkait sakit ginjal yang mudah dikenali.

  1. Ciri yang yang pertama adalah tubuh akan mudah merasa lebih lelah, merasa tidak memiliki energy, dan juga mengalami kesulitan untuk dapat berkonsentrasi. Pada penurunan fungsi ginjal yang parah akan dapat berakibat mengalami penumpukan kotoran dan racun yang ada dalam darah. Untuk itu, bagi para penderitanya akan merasa kelelahan, lemah, dan juga sulit berkonsentrasi. Untuk komplikasi lain pada ginjal adalah anemia yang juga akan menjadikan tubuh merasa kelelahan yang berlebih-lebih dan juga lemah.
  2. Pada ciri yang kedua akan merasakan kesulitan untuk tidur. Kesulitan tidur terjadi disebabkan karena sistem kerja yang terjadi pada ginjal tidak beraturan, yang mana racun akan tetap berada di dalam darah karena tidak keluar dari tubuh dengan melalui urin. Itu sebabnya kalian kesulitan untuk tidur.
  3. Pada ciri yang ketiga adalah kulit akan terasa kering dan juga gatal. Pada umumnya ginjal yang sehat, ia akan melakukan banyak tugas yang sangat penting. Karena, ginjal berfungsi untuk menghilangkan limbah yang menumpuk pada tubuh, membantu menjaga agar tulang tetap kuat, membantu pembuatan atau pembentukan sel darah merah dan bekerja untuk menjaga jumlah mineral yang tepat dalam darah.

Kulit yang kering dan gatal bisa saja menjadi suatu tanda dari penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai sakit ginjal lanjut, hal itu karena pada ginjal sudah tidak lago mampu untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah pada tubuh.

  1. Sakit ginjal yang keempat dengan ciri yaitu akan lebih sering merasakan ingin buang air kecil. Ketika ingin buang air kecil secara berlebihan atau sering, yang mana terjadinya pada malam hari hal ini merupakan salah satu tanda sakit ginjal. Hal tersebut terjadi saat filter pada ginjal rusak, hal itu dapat mengakibatkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil.
  2. Untuk ciri yang terakhir yang sering dan mudah dikenali adalah ada darah pada urin. Umumnya pada ginjal yang sehat, ia akan menjaga sel-sel darah di dalam tubuh hal itu terjadi untuk menyaring limbah dan juga untuk proses pembuatan urin. Akan tetapi, jika filter dari ginjal sudah rusak, maka akan terjadi pembocoran pada sel darah dan masuk ke urin.

Untuk dapat mengetahui lebih lanjut terkait dan seputar tentang ginjal, kalian juga bisa langsung cek pada produk digital dan seperti yang terlihat sekarang ini merabaknya wabah covid-19. Kalian juga bisa untuk mengecek atau memeriksa gejala-gejala dan tanda-tanda dari infeksi virus corona dengan melakukan rapid test covid-19.

News Feed