by

Manfaat Air Putih Dingin

Setiap hari tubuh kita kehilangan cairan melalui keringat, urine, dan napas. Oleh karena itu, kita disarankan untuk banyak minum air putih, baik air putih dingin ataupun air biasa, agar tidak mengalami dehidrasi. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang dianjurkan adalah sebanyak 2 liter atau setara dengan delapan gelas per hari.

Dalam pemenuhan cairan, Sering terjadi perdebatan antara manfaat dari air dingin dan manfaat dari air panas. Padahal keduanya memiliki manfaat masing-masing yang cukup membantu tubuh kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sebagian orang menjauhi air putih dingin karena mengira bahwa kebiasaan minum air putih dingin bisa menimbulkan penyakit, seperti pilek dan radang tenggorokan.

Dalam pengobatan Tiongkok kuno, minum air putih dingin dengan makanan panas dianggap menciptakan ketidakseimbangan. Biasanya, makanan dalam budaya Cina disajikan dengan air hangat atau teh panas. Keyakinan ini tercermin dalam beberapa budaya lain di seluruh dunia. Minum air putih dingin memang terbukti akan menimbulkan migrain atau flu. Namun, air putih dingin tak selalu buruk. (1)

Ada beberapa manfaat yang didapat saat minum air putih dingin. Berikut manfaat air putih dingin, antara lain:

  • Meredakan demam dan mengatasi sakit tenggorokan

Demam adalah tanda bahwa tubuh tengah memerangi peradangan atau infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Suhu panas yang dialami tubuh ketika demam dapat diredakan dengan beberapa cara, diantaranya dengan minum air putih dingin dan mengenakan pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat. Ketika mengalami demam dan sakit tenggorokan, tubuh juga harus mendapat asupan cairan dengan baik untuk mencegah dehidrasi. Dalam hal ini, air putih dingin dapat bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan mengisi cairan tubuh yang hilang.

  • Menghidrasi tubuh setelah berolahraga

Ketika berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Panas tubuh ini akan mengeluarkan banyak keringat dan membuat tubuh cepat lelah. Untuk membantu menyejukkan tubuh dan meringankan rasa lelah, cobalah minum air putih dingin setelah berolahraga.

  • Mengatasi heat stroke

Menurut Neha, minum air dingin selama musim panas baik untuk kesehatan. Air dingin akan diserap dengan cepat oleh tubuh dibandingkan dengan air hangat. Untuk mencukupi cairan tubuh saat cuaca panas, kita disarankan untuk minum air dingin. Selain itu, cuaca panas bisa membuat suhu tubuh meningkat drastis. Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya kita mengonsumsi air dingin.(2)

  • Menurunkan berat badan

Tubuh kita secara otomatis akan bekerja lebih keras untuk menghangatkan air yang diminum, sehingga turut membakar kalori guna menunjang proses metabolisme tubuh. Oleh karena itu, rutin minum air putih dingin atau air biasa dipercaya bisa menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan, dianjurkan minum segelas air putih atau air putih dingin sebelum makan. Hal tersebut bisa membuat perut terasa lebih kenyang, sehingga porsi makan yang dikonsumsi bisa berkurang.

  • Mencegah dan meringankan sembelit

Minum banyak air putih, baik air dingin maupun air biasa, bisa membantu meringankan dan mencegah terjadinya sembelit, terutama bagi orang yang jarang minum cukup air.

  • Memudahkan batu ginjal terbuang melalui urine

Penyakit batu ginjal bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kebiasaan kurang minum air. Asupan cairan yang cukup bisa membantu kerja ginjal untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal dan mengeluarkan batu ginjal yang masih berukuran kecil. Jika bosan minum air biasa, coba tambahkan perasan air lemon atau jeruk nipis pada air putih dingin untuk memberikan rasa asam. Selain itu, rasa asam yang dirasakan karena adanya zat asam sitrat di dalamnya dipercaya bisa menghambat pembentukan batu ginjal.

  • Membuat kulit menjadi sehat

Saat tidak terhidrasi dengan baik, kulit akan terasa kasar, kering, dan kehilangan elastisitasnya. Dengan cukup minum air putih atau air putih dingin, maka kesehatan kulit akan tetap terjaga.

Apapun jenisnya antara air putih dingin maupun air hangat, dalam memilih air minum, kita harus selektif dari segi kualitasnya, mulai dari sumber dan kandungan, serta prosesnya yang higienis. Karena hal-hal tersebut sangat penting dalam menunjang keseharian kita.

Untuk air minum selalu pilihlah AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri. (4)

  1. https://hot.liputan6.com/read/4037557/tak-selalu-buruk-ini-6-manfaat-konsumsi-air-es-bagi-kesehatan
  2. https://health.kompas.com/read/2020/03/05/180400868/minum-air-es-atau-air-hangat-mana-yang-lebih-baik?page=all
  3. https://www.alodokter.com/menilik-manfaat-air-es-bagi-kesehatan
  4. https://www.sehataqua.co.id/ingin-punya-tubuh-langsing-minum-air-mineral-terbaik/

News Feed