by

Yuk kenali Ukuran Kubur Anak Yang Sesuai Dan Benar

Pada umumnya menguburkan merupakan salah satu proses terakhir pada jenasah. Penguburan yang dilakukan tentunya harus sesuai dengan Agama masing-masing, misalnya agam Islam harus menghadapkan kuburan ke arah kiblat. Ternyata selain itu ukuran juga perlu diperhatikan terutama ukuran kubur anak. Penasaran? Yuk simak pada ulasan berikut ini.

Cara Menguburkan jenazah Sesuai Syariat Islam

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam menguburkan jenazah adalah menyiapkan lubang kubur. Dalam menyiapkan lubang kubur terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan salah satunya adalah lubang harus dalam. Menurut ajaran Islam bahwa lubang kuburan yang baik yaitu setinggi orang yang berdiri di dalamnya, serta lebar satu dzira atau setara dengan 50 centimeter.

Hal penting selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah bentuk lubang. Mulailah dengan membuat bentuk lubang yang cukup panjang untuk jenazah, tentunya harus melebihi tinggi badannya. Apabila tanah kubur keras, maka disunahkan untuk membuat liang lahat di dalam lubang kubur. Setelah itu jenazah diletakkan dalam liang lahat dan selanjutnya ditutup menggunakan batu pipih.

Cara selanjutnya adalah menguburkan jenazah pada pemakaman Muslim. Namun apabila tidak terdapat pemakaman Muslim yang terdekat serta waktu penguburan yang dilakukan segara, maka dianggap tidak masalah selam proses penguburannya masih sesuai dengan ajaran Islam. Hal ini berlaku untuk kuburan orang dewasa ataupun ukuran kubur anak yang kecil.

Kemudian cara selanjutnya yang penting diketahui adalah waktu penguburan yang sesuai, karena dapat berdampak pada proses pemakaman serta ketersediaan warga. Beberapa waktu yang sebaiknya dihindari ketika menguburkan jenazah adalah matahari tersebut hingga naik, matahari berada di tengah, hingga matahari terbenam serta berbagai waktu lainnya.

Kemudian hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mengiringi jenazah dengan adab yang baik dan benar. Ketika mengiring jenazah ke pemakaman, sangat disarankan untuk melakukannya dengan khusyuk khidmat tidak diselingi dengan bercanda. Apabila mengiringnya dengan berjalan kaki maka sebaiknya berjalan di dekat sekitar keranda sembari memberikan doa yang terbaik.

Kenali Ukuran Kubur Untuk Anak-Anak

Biasanya untuk ukuran kubur Anak tidak jauh berbeda dengan sistem lubang kuburan yang disediakan untuk orang dewasa. Yang mana panjang kuburan anak harus disesuaikan dengan tinggi badannya. Untuk mengetahui seberapa tinggi maka dapat diukur terlebih dahulu agar sesuai dengan yang diharapkan.

Jika tidak diukur dengan baik dan besar bisa jadi kubur akan terlalu pendek sehingga jenazah tidak dapat masuk ke dalamnya. Meskipun pada umumnya ukuran kubur diperlukan kurang lebih 2×1 meter, namun sebenarnya hal tersebut bukanlah sebuah patokan. Pasalnya ukuran masing-masing orang juga berbeda-beda, Oleh karena itu tidak bisa disesuaikan secara pasti sebelum mengukurnya.

Meskipun ukuran kubur untuk orang dewasa kurang lebih 2×1 meter, namun biasnya yang digunakan hanya kurang lebih 1×8 meter. Oleh karena itu untuk ukuran kubur anak dapat bisa lebih kecil dari ukuran yang diperlukan oleh orang dewasa, hal tersebut disebabkan oleh ukuran tubuh yang berbeda-beda.

Meskipun pemerintah telah menetapkan ukuran atau petak makam yang sesuai, mulai dengan lebar 1,5 m dan panjang 2,5 meter serta kedalaman kurang lebih 1,5 ukuran minimum. Namun kebanyakan dari beberapa TPU tidak menerapkan hal tersebut, karena melihat situasi dan kondisi serta luas tanah yang tersedia, berbeda dengan makam swasta San Diego Hills di sana anda bisa bebas memilih lebar makam.

Beberapa TPU tetap menggunakan pengukuran manual untuk mengetahui lebar, panjang serta kedalaman yang sesuai dengan postur tubuh jenazah. Dengan begitu maka beberapa TPU dapat menghemat lokasi atau lahan pemakaman, terlebih jika saat ini lahan pemakaman sangat susah ditemukan.

Itulah beberapa cara yang penting dilakukan dalam memakamkan jenazah. Untuk ukuran kuburan sendiri pada umumnya orang membutuhkan 2×1 meter untuk dewasa, namun biasanya juga lebih kecil dari itu. Oleh karena itu banyak orang yang melakukan pengukuran pada jenazah untuk mendapatkan luas yang pas, hal tersebut juga berlaku untuk jenazah anak-anak.

News Feed